|
SMK Negeri 1 Setu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Satuan Pendidikan |
: |
SMK Negeri 1 Setu |
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: |
Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor |
|
|
|
|
|
Kelas / Semester |
: |
XII / Ganjil |
|
|
|
|
|
Materi Pokok |
: |
Menganalisis kerusakan yang terjadi
pada sistem instrumen sepeda motor |
|
Alokasi Waktu |
: |
7 JP x 45 Menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Melalui kerja mandiri,
menggali dan mengekplorasi dengan teliti dan jujur dan bertanggung jawab
peserta didik mampu menganalisis kerusakan yang terjadi pada sistem instrumen |
|
2. |
Melalui kerja
kelompok, menggali dan mengekplorasi dengan teliti dan jujur dan bertanggung
jawab peserta didik mampu menganalisis kode kerusakan pada sistem instrumen
sepeda motor |
|
3. |
Melalui kerja kelompok
dan diberikan seperangkat peralatan atau bahan praktek untuk menggali dan mengekplorasi dengan teliti
dan jujur dan bertanggung jawab peserta didik mampu merperbaiki serta
membuatkan schedule perawatan sistem instrumen |
|
4. |
0 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
ALAT DAN BAHAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 ALAT PEMBELAJARAN |
: |
LCD Proyektor |
|
|
|
: |
Laptop |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 BAHAN PEMBELAJARAN |
: |
Buku Pembelajaran Kelistrikan Sepeda Motor |
|
|
|
: |
Unit kendaraan sepeda motor (komponen instrumen
sepeda motor) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 PENDAHULUAN |
1 |
Guru memulai pelajaran dengan mengucap salam dan
memimpin berdoa |
|
|
|
2 |
Guru melakukan Absensi kehadiran peserta didik |
|
|
|
3 |
Guru memberikan motivasi dan mereview materi yang
sudah diajarkan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 INTI |
1 |
Guru menyampaikan
materi dan memberikan video pembelajaran tentang komponen instrumen sepeda
motor, cara perbaikan dan prosedur dalam melakukan perbaiakan instrumen
sepeda motor |
|
|
|
2 |
peserta didik mengamati penjelasan dan video yang
ditampilkan oleh guru dengan seksama |
|
|
|
3 |
Guru Mendorong dan
menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat
dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan
materi pembelajaran. |
|
|
|
4 |
Menugaskan seorang
peserta didik untuk bertanggung jawab mengorganisasikan peserta didik ke
dalam kelompok-kelompok belajar kooperatif dan peserta didik lain diberi
tanggung jawab dengan menagalisis dan mengurutkan permasalah serta
memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan kode yang ada pada sistem instrumen
sepeda motor Per kelompok terdiri dari 4-5 orang |
|
|
|
5 |
Guru meminta setiap kelompok mencoba untuk
mempresentasikan hasil diskusi atau karya mereka ke depan kelas sesuai materi
yang telah didiskusikan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 PENUTUP |
1 |
Guru membantu peserta
didik melakukan refleksi atas penyelidikan dan proses-proses yang mereka
gunakan |
|
|
|
2 |
Guru menyimpulkan
materi yang telah di presentasikan dan peserta didik mendengarkan secara
seksama |
|
|
|
3 |
Guru memberika Tugas atau PR untuk meningkatkan
kemampuan belajar pesertra didik |
C |
PENILAIAN |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
TES TERTULIS |
1 |
Jelaskan prosedur dalam perbaikan instrumen sepeda
motor |
|
|
|
2 |
Mengidentifikasi komoponen instrumen yang rusak |
|
|
|
3 |
Membuatkan schedule perawatan sesuai dengan SOP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
TES PRAKTIK |
1 |
Secara berkelompok
memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem instrumen sepeda motot |
|
|
|
2 |
Melakukan presentasi hasil dari perbaikan instrumen
sepeda motor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
Bekasi, 9 Juli 2020 |
|
Kepala
Sekolah |
|
|
Guru Bidang Studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Firdaus B
Sellomo, S.Pd |
|
|
Rahmat Ramdhani, S.Pd |
|
NIP. |
197008032005011006 |
|
|
NIP. |
- |
0 komentar:
Posting Komentar